Windows dan Linux


Linux ?

Sebelumnya disini saya akan memperbaiki kesalahpahaman orang tentang Linux, banyak orang yang berpendapat bahwa Sistem Operasi yang berbasis Linux adalah sistem operasi yang ribet dan semuanya serba terminal.

Bahkan mungkin anda sendiri sebagai pembaca mungkin atau pernah berpikir seperti itu, benar begitu ?.

Jika iya maka anda harus merubah pendapat anda sekarang juga, karena nyatanya Sistem Operasi yang berbasis GNU/Linux adalah sebuah sistem operasi yang sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun sama seperti Sistem Operasi Windows.

Kenapa ?

Karena saya sendiri sebagai penulis, jujur saja ketika pertama kali mengenal Linux, saya juga berpendapat bahwa Linux adalah sistem operasi yang ribet, penggunanya sedikit, dan aplikasinya yang minim, tetapi setelah saya melihat orang lain menggunakan linux, saya mulai tertarik dan mulai menggunakannya sampai sekarang, dan tentunya semua anggapan saya tentang Linux ternyata salah lebih tepatnya sangat salah hehehe.

Lanjut…

Sebelum lebih jauh disini saya ingin meluruskan lagi bahwa Linux sebenarnya bukanlah sebuah sistem operasi melainkan sebuah kernel, tetapi karena Sistem Operasi yang menggunakan kernel Linux (lengkapnya : GNU/Linux) sangat beragam dan banyak sekali jumlahnya, maka orang-orang menyebutnya Linux untung mempermudah.

Sedangkan sistem operasi yang menggunakan kernel Linux disebut dengan Linux Distribution atau biasa disingkat Distro Linux.

Lanjut lagi..
Dari pengalaman saya selama ini menggunakan Windows dan Linux, saya akan menyimpulkan macam-macam perbedaan Windows dan Linux beserta pendapat orang yang salah tentang Linux dan juga dari beberapa sumber yang saya dapat diantaranya yaitu :

1. Harga dan Lisensi


Untuk soal harga, dalam situs resminya Microsoft menjual Sistem Operasi Windows 10 Original dengan harga berkisar antara 2 juta hingga 4 juta rupiah.

Dan anda bisa melihat sendiri disitus resminya yaitu :

1. Windows 10 Home
2. Windows 10 Pro

Sedangkan linux anda bisa mendapatkannya secara gratis, maupun membayarnya sebagai bentuk donasi, berikut 10 daftar link untuk mendownload linux dari distribusi terpopuler berdasarkan data yang diambil dari Distrowatch :

1. Linux Mint
2. Ubuntu
3. Debian GNU/Linux
4. Mageia
5. Fedora
6. OpenSUSE
7. Arch Linux
8. CentOS
9. PCLinuxOS
10. Slackware Linux

Kenapa Windows bayar sedangkan Linux gratis ?

Dalam sebuah software perangkat lunak dikenal yang namanya Open Source dan Closed Source.

Open source adalah dimana sebuah perangkat lunak memiliki kode sumber yang terbuka dan setiap orang bisa melihat, bahkan memperbaiki dan mengembangkannya bersama-sama, begitulah linux yang dikembangkan oleh banyak programmer yang saling bahu-membahu secara sukarela, hal itu juga menyebabkan linux berkembang dengan sangat cepat.

Sedangkan Closed Source atau istilah lainnya Software Berpemilik (Proprietary Software) adalah kebalikan dari Open Source dimana kode sumber suatu program hanya pengembangnya saja yang tahu alias bersifat tertutup sedangkan user biasa hanya disediakan binarinya saja, tanpa bisa melihat, mengubah kode sumber, atau mengembangkannya, contohnya seperti Windows.
Windows dikembangkan oleh programmer-programmernya Microsoft.

2. Tampilan Antarmuka atau UI (User Interface)


Dalam urusan antarmuka, Windows secara default sangat bagus dan sangat nyaman digunakan terutama pada sistem operasi Windows 10, ikon dan tampilannya sangat modern dengan gaya flat desain dan temanya bisa-bisa diubah-ubah sesuai tema yang telah disediakan.

Windows 10 Screenshot

Untuk Linux sebenarnya memiliki banyak tampilan yang sangat beragam dan berbeda-beda dan bisa disesuaikan, pada Linux dikenal yang namanya DE (Desktop Environtment).

Menurut Wikipedia Desktop Environtment adalah sebuah lingkungan desktop umumnya merujuk ke gaya grafis antarmuka pengguna (GUI=Graphical User Interface) yang mememperlihatkan kiasan desktop di layar komputer modern.Lingkungan desktop adalah alternatif yang paling populer sebagai pengganti antarmuka baris perintah (command line interface) (CLI) yang saat ini umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer.

Yang intinya DE ini adalah sebuah tampilan (GUI) yang berguna untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikannya.

Berikut beberapa Desktop Environtment yang populer :

1. Plasma 5

KDE Plasma 5
2. GNOME 3

GNOME 3
3. Unity

Unity
4. Xfce4

XFCE
5. Pantheon

Pantheon DE

3. Keamanan dan Virus


Untuk soal keamanan saya rasa keduanya sangat aman dan itu semua tergantung dari kita sebagai penggunanya.

Karena keduanya selalu dikembangkan dan pengembangnya selalu memberikan update secara berkala untuk menambal celah-celah keamanan (bug) maupun sebagai peningkatan.

Hanya saja, Windows sangat rentan terkena virus apabila penggunanya awam dan ceroboh dalam mendownload software maupun file yang tidak dikenal yang bisa saja terdapat virus yang dapat merusak sistem windows, tetapi untuk soal virus saat ini banyak software-software yang berfungsi sebagai antivirus yang membuat Windows menjadi lebih aman.

Software antivirus yang terkenal diantaranya Avast, Avira, AVG, dan masih banyak lagi, anda bisa mencarinya sendiri.

Sedangkan Linux lebih aman dari virus, karena kebanyakan virus-virus tidak akan berjalan di sistem Linux, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa linux juga bisa terserang virus.

4. Software (Perangkat Lunak)


Untuk soal software keduanya berbeda, karena pada Windows untuk mendapatkan software kita bisa mencarinya di search engine kemudian mendownloadnya dan langsung install.

Sedangkan Linux ada yang namanya Repository, yang dimana seluruh paket-paket aplikasi, telah dikumpulkan dalam satu server sehingga pengguna tinggal mendownloadnya dan program akan langsung terpasang dan caranya bisa melalui GUI maupun CLI sesuai package managernya masing-masing distribusi.

Untuk masalah ketersediaan, keduanya sama-sama memiliki banyak dukungan software, jadi jangan khawatir soal ketersediaan software di Linux ataupun di Windows, bahkan untuk masalah file manager Linux memiliki banyak file manajer seperti nautilus, thunar, dolphin dan lain-lain.

5. Software Bawaan


Saat pertama kali terinstall, Windows telah disediakan program-program diantaranya pemutar musik dan video, Disk management, beserta alat-alat utilitas yang merupakan bagian penting dari windows.

Sedangkan linux tergantung dari distribusi yang anda pilih, contohnya ubuntu yang sudah dilengkapi berbagai macam software dari mulai office, multimedia, utilitas, dan lain-lain, tetapi ada juga distribusi yang benar-benar tidak menyediakan software bawaan apapun seperti Arch Linux.

6. Distribusi dan Versi


Karena Windows hanya dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, sehingga windows hanya memiliki satu distribusi yaitu Microsoft.

Sedangkan Linux yang bersifat open source sehingga memiliki banyak distribusi diantaranya yang terkenal yaitu Ubuntu, Mint, Debian, dan lain-lain seperti yang sudah dijelaskan dinomor pertama.

7. Penamaan Partisi Harddisk


Penamaan partisi pada Windows menggunakan nama Drive A-Z, sedangkan linux tidak mengenal hal itu karena pada linux penamaannya berbeda.

Sebagai contoh misalnya jika anda menggunakan Windows dan terdapat partisi C dan D, tetapi ketika anda membacanya dilinux maka bukan C dan D lagi tetapi /dev/sda2 dan /dev/sda3, hal ini mirip pada android, karena android memang menggunakan kernel GNU/Linux.

8.  Pengguna


Windows banyak digunakan untuk pekerjaan kantor, pelajar, maupun bermain game, karena salah satu kenggulan windows yaitu pada software pengelolaan kata, angka, presentasi, maupun database yang sangat unggul yaitu Microsoft Office.

Sedangkan Linux biasanya digunakan oleh kalangan orang-orang IT, dan banyak digunakan sebagai server karena keamanannya yang sangat tangguh.

9.Dukungan Hardware


Pada Sistem Operasi Windows sangat dibutuhkan yang namanya driver, agar hardware-hardware dapat dikenali dan bekerja secara optimal, jika tidak maka saat digunakan maka performa Windows tidak berjalan dengan baik, meskipun menggunakan hardware yang bagus.

Beda dengan Linux dimana hampir seluruh driver sudah tertanam pada kernel Linux sehingga ketika menggunakannya pertama kali, sistem operasinya sudah siap digunakan langsung dengan performa yang optimal, tapi ada juga beberapa hardware yang butuh driver tambahan, untungnya saat ini komputer maupun laptop modern sudah didukung didukung linux dengan baik.

10. Gaming


Untuk hal gaming jangan ditanya lagi karena Windows sangat unggul dibanding sistem operasi manapun, banyak berbagai game modern dengan kualitas grafis yang tinggi mendukung sistem operasi ini.

Sedangkan linux sangat minim game dan developer game lebih mengutamakan Windows, alasannya mudah karena pengembang game tidak merilis gamenya untuk linux karena sedikitnya jumlah gamer, dan sebaliknya para gamer tidak menggunakan linux karena gamenya sedikit, tetapi ada juga game terkenal seperti Dota 2 yang mendukung Linux.

11. Penginstalan atau Pemasangan


Pada saat penginstallan Windows, pengguna dengan sangat mudah bisa menginstall Windows, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun, meskipun penginstallannya memilih Opsi Custom, hal ini yang membuat Windows sangat ramah pengguna (User Friendly).

Sedangkan ketika menginstall Linux maka kita akan disediakan Opsi sama seperti Windows bedanya pada Linux terdapat mode Live USB, yang nantinya kita bisa memilih menginstall langsung atau mencoba dulu sambil menginstall.

12. Penamaan File


Satu hal penting, untuk memisahkan direktori, Windows menggunakan simbol slash terbalik “\”, sedangkan Linux menggunakan simbol slash “/”.

Dan pada Linux setiap nama file bersifta case sensitive artinya huruf besar dan kecil berbeda, sebagai contoh file dengan nama “contoh.txt” berbeda dengan “Contoh.txt” sedangkan pada Windows nama file akan dianggap sama.

13. Kemudahan Manajemen File


Soal kemudahan Manajemen file tentunya Windowslah yang bisa dibilang lebih mudah, karena setiap user biasa juga memiliki hak akses sebagai administrator sehingga lebih mudah dalam mengakses file difolder tertentu.

Berbeda dengan Linux, setiap user tidak memiliki hak root (atau administrator pada Windows), dan hanya user tertentu yang diberikan hak akses root dengen menjalankan perinta “su” atau “sudo”, bukan tanpa alasan karena pembagian hak akses ini agar sistem lebih aman.

14. Sistem File (File System)


Pada Windows kita mengenal sistem file exFAT, FAT32 dan NTFS sedangkan pada Linux terdapat sistem file ext4, ext3, reiserf, xfs, dan lain-lain.

Kita tidak bisa membaca atau menulis pada sistem file ext4 di Windows, kecuali dengan software tambahan, sedangkan linux juga sebaliknya, tetapi biasanya pada distribusi linux tertentu sudah bisa membaca NTFS dilinux.



1 comments:

ini yang saya cari , mantap gan nice good artikel :D


EmoticonEmoticon